Tips Menyiman Makanan di Kulkas dan Freezer

Pada era sekarang ini, lemari pendingin / kulkas / freezer sudah menjadi kebutuhan rumah tangga yang harus dimiliki. Semua menganggap bahwa makanan yang disimpan di lemari pendingin / freezer bisa tahan lebih lama. Namun, apakah kualitas gizi dari makanan akan tetap terjaga dan aman dikonsumsi? Nah, berikut Sharing di Sini Tips menyimpan makanan dalam freezer

  1. Pada kemasan makanan yang dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa, jika sudah lewat masa kadaluarsanya, walau tersimpan di kulkas, sebaiknya dibuang/tidak dikonsumsi.
  2. Makanan olahan beku seperti bakso, sosis, daging burger ,nuget, kentang goreng olahan, ketika terbeli dari supermarket setelah sampai di rumah harus segera dimasukkan ke freezer. Jika kemasannya sudah dibuka, sisa isi harus dihabiskan dalam 2 – 3 hari.
  3. Atur letak makanan agar sirkulasi udara di lemari es tetap baik.
  4. Saat akan mencairkan makanan beku, keluarkan dari freezer sejak malam sebelumnya dan taruh di cooler. Jika menggunakan microwave untuk mencairkan, seketika harus dimasak karena makanan tersebut sudah menjadi setengah matang.
  5. Makanan olahan seperti kentang goreng atau nugget tidak perlu dicairkan tapi langsung digoreng saja. Sebelum menggoreng baca petunjuknya terlebih dahulu.
  6. Bahan makanan mentah yang sudah dicairkan (misal: daging) jangan dibekukan kembali. Lebih baik makanan tersebut dimasak lalu simpan di freezer lagi bila belum akan dimakan.
  7. Bahan makanan yang akan disimpan di freezer sebaiknya tidak disimpan dalam kemasan besar. Bagilah menjadi beberapa bagian kecil, yang per kemasan itu untuk sekali pakai.
  8. Mentega, margarin, keju dan jenis lemak lainnya yang disimpan di lemari pendingin harus dalam kemasan aslinya.

Kemasan pembungkus agar bahan makanan lebih awet di kulkas / lemari pendingin

  1. Daun bawang dan daun seledri akan lebih awet jika dibungkus dengan alumunium foil lalu taruh di rak sayuran.
  2. Daun jeruk purut, daun kunyit, daun salam, daun pandan, yang akan disimpan, bungkuslah dengan kertas atau alumunium foil lalu taruh di pintu kulkas
  3. Jamur bisa diperpanjang usianya bila dibungkus dengan kertas atau dimasukkan ke kantung plastik yang digembungkan lalu diikat rapat. Simpan di lemari pendingin.
  4. Keju tua (keju yang dibungkus) kalau disimpan dalam wadah kedap udara bisa tahan selama 2 – 3 bulan.

Menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur di lemari pendingin / freezer

  1. Daging yang akan dipakai untuk steak atau sate sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin selama 3 – 4 hari.
  2. Semua makanan yang akan disimpan di ruang pendingin maupun freezer perlu dicuci bersih untuk menghindari bakteri Salmonella mencemari bahan makanan atau makanan lainnya di lemari pendingin.
  3. Daging ayam, daging sapi, serta ikan yang tidak disimpan di freezer perlu dibungkus plastik atau ditaruh di wadah tertutup. Taruhlah di rak paling bawah untuk menghindari tetesan airnya mengenai makanan lain.
  4. Makanan yang dibekukan harus mencapai temperatur -180C agar bakteri dan jamur tidak bisa tumbuh. Namun, cara ini tidak mematikan bakteri.
  5. Noda/kotoran akibat tumpahan makanan atau minuman harus langsung dibersihkan dengan tisu (jangan dengan lap atau spons karena dikhawatirkan kuman itu akan menempel di lap atau spons) untuk tidak meninbulkan bau dan menjadi sarang kuman.
  6. Sisa makanan, minuman, kue, dan roti, bila disimpan di lemari pendingin harus ditaruh dalam wadah tertutup.

Sumber: sharingdisini.com

%d bloggers like this: