Pentingnya Seledri dalam Semangkuk Bakso

Pentingnya Seledri dalam Semangkuk Bakso

TEMPO.CO, Jakarta – Sayuran pelengkap yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa semangkuk bakso ini ternyata memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Michael Murray dari BioActives LLC Amerika, terungkap bahwa seledri sangat berguna bagi penderita tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan serangan jantung dan stroke, penyakit yang semakin banyak diidap masyarakat di dunia. Dalam penelitiannya, Murray menemukan bahwa ekstrak seledri bisa mengurangi risiko kedua penyakit tersebut.

Dalam studinya, seperti yang dikutip dari Daily Health Post, Jumat, 3 Januari 2014, seledri mengandung 3-n-butil phthalide (3NB), suatu senyawa yang tidak hanya berperan utama dalam bau yang khas dari seledri, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Pada hewan, sejumlah kecil senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah sekitar 12 persen hingga 14 persen dan menurunkan kolesterol sekitar 7 persen. Para peneliti juga mencatat seseorang yang mengkonsumsi seperempat pon seledri selama setiap hari selama satu minggu mengalami penurunan tekanan darah dari 158/96 menjadi 118/82.

3NB dapat menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik dan vasodilator. Karena itu, seledri juga mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi pembentukan plak di arteri. Hal ini tentunya dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang akhirnya mengarah pada penurunan tekanan darah.

Meski jumlah seledri dalam semangkuk bakso tidak terlalu banyak, tapi setidaknya, sayuran hijau ini bisa sedikit mengurangi kolesterol yang dikandung bakso dan minyak kaldu di dalam kuah bakso.

Sumber: tempo.co

%d bloggers like this: