Tips & Cara Agar Daging Sapi Cepat Empuk Saat Dimasak

Dagig sirloin

Daging sirloin

Memasak daging sapi kadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil daging yang empuk. Meski demikian, sebenarnya ada tips bagaimana cara membuat daging sapi cepat empuk. Berikut yang bisa Anda coba lakukan:

Daging yang liat bisa diempukkan dengan membungkusnya memakai daun pepaya. Kandungan zat papain dalam daun pepaya bisa mengempukkan daging. Tapi ingat, jangan terlalu lama membungkus daging menggunakan daun pepaya agar daging tidak berantakan dan tidak terasa seperti daging sapi lagi. Bungkus dan diamkan daging sapi selama sekitar 30 menit.

Selain daun pepaya, bisa juga digunakan buah nanas yang masih muda. Caranya, parut nanas muda kemudian balurkan pada daging sapi. Tunggu selama 1 jam dan daging pun akan lebih cepat empuk saat dimasak.

Menambah segenggam beras pada rebusan daging atau buntut sapi juga bisa membuatnya lebih cepat empuk. Caranya cukup dengan memasukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Bila beras itu hancur bercampur dengan daging atau buntut sapi, berarti daging atau buntut sudah empuk.

Bila Anda kurang puas dengan cara-cara mengempukkan daging diatas, Anda bisa mencoba menggunakan meat tenderizer (bubuk pengempuk daging) yang bisa Anda beli di toko. Potong daging sesuai ukuran yang diinginkan. Cuci bersih daging dengan air bersih. Campur 1 sdm (10 gr) pengempuk daging kedalam ¾ gelas air. Aduk rata dan masukkan daging kedalam larutan pengempuk. Diamkan selama 10 menit. Selanjutnya daging boleh dibilas atau langsung di masak.

Nah, setelah Anda melakukan salah satu dari empat cara mengempukkan daging sapi di atas, saatnya sekarang Anda untuk memasak daging proses yang lebih cepat.

Sumber: kabarimbo.com

%d bloggers like this: