Tips Mengolah Buntut Sapi

TZURB6YYjO

Buntut sapi merupakan bagian yang sering terlupakan karena strukturnya yang keras dan hanya sedikit daging yang menempel di bagian ini. Tapi jika diolah dengan tepat rasanya tidak akan kalah dengan bagian daging sapi lainnya. Saat ini banyak sekali beredar buntut sapi impor di pasar modern dan cukup sedikit buntut sapi lokal yang berada di pasar tradisional.

Kita lihat perbedaan antara keduanya berdasarkan pengalaman salah satu executive chef hotel berbintang di Jakarta

Perbedaan buntut sapi lokal dan impor

1)       Lokal
Buntut sapi lokal selalu tersedia dalam kondisi segar. Di pasar tradisional, buntut ini tidak selalu tersedia karena jumlahnya yang terbatas. Bentuknya beragam dan ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan dengan buntut sapi impor. Dagingnya pun tidak sebanyak dan setebal buntut impor, tetapi kandungan lemaknya lebih sedikit. Tekstur daging pada buntut sapi lebih lokal lebih liat atau keras sehingga memerlukan waktu yang lebih lama saat dimasak.

2)       Impor
Buntut sapi impor banyak di pasaran dalam kondisi beku. Umumnya ukuran buntut sapi impor besar dan banyak mengandung lemak, bahkan di dalam dagingnya. Tekstur daging buntut sapi impor lebih lunak sehingga memerlukan waktu lebih singkat dalam mengolah.

 

Membersihkan buntut

  • Buntut sapi mudah untuk dibersihkan, karena di pasaran buntut sapi dijual dalam keadaan bersih dari kulit luarnya.  Cukup menggunakan pisau untuk membuang lemak berlebih yang menempel di buntut sapi.
  • Untuk menghilangkan bau anyir, tambahkan daun salam dan jahe selama 15 menit dalam rebusan air buntut sapi yang telah mendidih. Cara ini pun dapat menghilangkan bakteri dan lemak yang tidak bisa hilang dengan bantuan pisau.
  • Air rebusan buntut sapi yang pertama sebaiknya dibuang, karena mengandung banyak lemak dan warnanya cenderung pekat.

Tips:
Jangan terlalu banyak memberikan tambahan bumbu atau rempah pada rebusan buntut yang pertama karena akan merusak rasa dan aroma dari buntut yang akan diolah selanjutnya.

sumber : yenyekawaty.com

%d bloggers like this: