Manfaat Iga Sapi Bagi Kesehatan Tubuh

 

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Rib-eye steak adalah potongan dalam bentuk steak, bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless). Iga sapi mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh diantaranya adalah:

Protein
Iga mengandung 7g protein per 3 1/2-oz. Protein mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan kalsium dan D. rendah protein vitamin diet menurunkan efisiensi usus dan menyebabkan kegagalan untuk menyerap kalsium yang cukup. Iga sapi menyediakan protein dan kalsium bersama-sama, selama Anda merebus tulang dengan cairan diasamkan, seperti air dicampur dengan jus lemon, anggur atau cuka, untuk membantu melepaskan kalsium dari matriks tulang.

Kalsium
Selain mencegah osteoporosis, kalsium bekerja sama dengan kalium, natrium dan magnesium untuk mengontrol fungsi jantung dan tekanan darah. Selain itu Iga Sapi juga mengandung zat besi (480,7 mg) dan fostor (3,1 mg). Oleh sebab itu, mengkonsumsi iga sapi dalam jumlah tertentu sangat berkhasiat bagi tubuh

Zat Besi

Adanya zat besi memungkinkan manusia memproduksi hemoglobin dan myoglobin dalam sel darah merah dan mengikat oksigen dari paru-paru lalu membagikannya ke seluruh jaringan tubuh. Ada dua macam zat besi yang aktif dalam tubuh manusia, yaitu heme-iron dan non-heme iron. Heme-iron umumnya berasal dari daging hewani, ikan dan jeroan sedangkan non-heme iron berasal dari tumbuh-tumbuhan, raisin serta makanan yang diperkaya oleh suplemen vitamin dan Mineral. Zat besi juga menjadi komponen penting dalam otot dan membantu laju pertumbuhan sel-sel tubuh. Zat besi, tidak seperti kalsium, 100% berasal dari sumber luar dan tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Sumber gambar : masdani.indonetwork.com

%d bloggers like this: