8 Manfaat Ikan Dori Bagi Kesehatan Otak Anak Anak

images (2)Makan merupakan aktivitas yang tidak pernah membosankan. Disamping karena kita butuh makan, makan ini juga aktivitas yang sangat menyenangkan dimana perut kita yang lapar akan diisi dan lidah kita yang peka akan mendapatkan makanan yang lezat. Makan juga tidak perlu mengeluarkan banyak energi. Disamping itu, makan juga merupakan aktivitas yang bisa dikreasikan. Maksudnya dapat dikreasikan adalah kita bisa menciptakan suasana makan sesuai dengan yang kita inginkan, sesuai dengan mood kita. Jika kita ingin suasana makan yang tenang dan kita bisa fokus menikmati makanan, maka kita dapat memilih tempat yang tenang, sunyi, dan kita lakukan pada waktu yang santai.

Jika kita ingin suasana makan yang seru, kita bisa mengajak teman-teman dan memilih tempat yang ramai dan asyik. Jika kita ingin sensasi makan yang menantang, kita bisa memilih menu makanan yang super pedas agar kita merasa tertantang. Jika kita ingin makan yang romantis, maka kita bisa menciptakan candle light dinner, dan lain sebagainya. Makan juga merupakan aktivitas yang bisa dikaitkan dengan berbagai momen dan juga kepentingan tertentu. Makan ini bisa dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti berkumpul bersama keluarga besar, berkumpul bersama teman lama, berkumpul dengan relasi bisnis, makan bisa dirangkaikan dengan kegiatan meeting, bisa dirangkaikan dengan kegiatan arisan, bisa dirangkaikan dengan acara reuni, dan lain sebagainya. Makan ini merupakan kegiatan yang identik dengan bersenang-senang dan berbahagia.

Berbicara tentang makan, ada banyak sekali menu-menu masakan yang mempunyai rasa lezat. Sebenarnya semua makanan pada dasarnya mempunyai rasa yang enak dan lezat. Berbagai olahan masakan dapat diciptakan dari berbagai bahan makanan, mulai dari bahan makanan nabati hingga hewani. Begitu murahnya Tuhan kepada manusia hingga hampir semua yang ada di Bumi ini bisa dijadikan bahan makanan, mulai dari tumbuh-tumbuhan hingga hewan-hewannya. Dan seiring kemajuan zaman semakin meningkat kemampuan manusia untuk mengolahnya menjadi berbagai macam kuliner yang berkreasi dan berinovasi. Semakin menariknya kuliner ini hingga mampu menarik para pecintanya berupaya menjadi pemburu makanan demi mendapatkan makanan yang diinginkan. Berbagai makanan bercita rasa manis, gurih hingga pedas ini bermunculan di sekitar kita.

Salah satu bahan makanan yang sering sekali diolah adalah ikan. Ya, ikan merupakan salah satu bahan makanan yang disajikan sebagai lauk pauk. Hal ini dikarenakan rasa ikan yang sudah diolah atau dimasak terasa gurih sehingga sangat cocok dijadikan lauk. Selain dijadikan lauk, ikan ini juga banyak diolah menjadi beragam cemilan atau makanan ringan. Beragam masakan bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku ikan. Bukan hanya karena rasa ikan yang lezat dan dijadikan berbagai macam kreasi menu masakan saja yang membuat ikan ini menjadi favorit setiap orang. Namun juga karena kandungan gizinya yang tinggi dan juga harganya yang terjangkau, semakin menjadikan ikan sebagai makanan favorit. Berbagai jenis ikan dapat diolah sebagai bahan makanan, salah satunya adalah ikan Dori.

Mengenal Ikan Dori

Bermacam-macam jenis ikan mempunyai bentuk yang mirip dan hampir sama. Semua jenis ikan juga mempunyai bagian-bagian yang sama dengan fungsi yang sama, termasuk juga dengan ikan Dori. Ikan Dori ini mempunyai bentuk pipih, mempunyai kulit cokelat dan memiliki mata yang lebar, dan juga titik hitam di sisi badannya. Ikan Dori ini sekilas mirip dengan ikan kuwe. Daging ikan Dori ini berwarna putih bersih, halus, dan juga mempunyai rasa gurih. Oleh karena itu ikan Dori ini lebih banyak dijual dalam bentuk fillet di pasaran.

Kandungan Gizi Ikan Dori

Semua jenis ikan mengandung nilai gizi yang tinggi. Hal ini sudah diketahui oleh banyak orang. Banyak orang mencari ikan dan menjadikan ikan sebagai lauk pauk setiap hari. Ikan merupakan jenis makanan yang bisa dijadikan lauk yang lezat dan gizinya banyak, sehingga semakin menjadikan ikan menjadi pilihan favorit. Hampir semua ikan mengandung gizi yang sangat banyak, termasuk juga ikan Dori. Beberapa kandungan ikan Dori yang terkenal adalah:

  • Omega 3
  • Yodium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Taurin
  • Selenium
  • Flourida
  • DHA
  • EPA, dan lain sebagainya

Begitu banyaknya kandungan gizi yang dimiliki oleh seekor ikan Dori yang ukurannya tidak terlalu besar ini, jika kita amati kandungannya, ikan dori ini banyak mengandung zat gizi yang baik untuk bayi, seperti omega 3, DHA dan EPA, dan juga lain sebagainya. Dari kandungan ini dapat diartikan bahwa ikan Dori ini sangat bermanfaat bagi bayi.

Manfaat Ikan Dori

Ikan Dori merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang berjenis ikan. Ikan memang makanan yang mengandung segudang manfaat. Ikan juga merupakan makanan yang lezat dan dapat diolah menjadi beragam masakan dan juga makanan, mulai dari lauk hingga cemilan. Hampir semua jenis ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi, termasuk ikan Dori ini. Manfaat ikan yang paling terkenal adalah kandungan omega nya yang dapat membuat otak manusia menjadi cerdas. Lalu, apa manfaat dari ikan Dori ini?

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan DHA dan EPA ternyata tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi saja. Ada manfaat lain dari kandungan DHA dan juga EPA ini, terkhusus bagi penyandang atau penderita darah tinggi. Manfaat ini yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baik untuk darah tinggi

  1. Meningkatkan kecerdasan pada bayi

Kecerdasan bayi dapat ditingkatkan dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 ini dapat didapatkan dengan mengonsumsi ikan. Salah satu jenis ikan yang benyak mengandung omega 3 adalah ikan Dori ini. Kandungan omega 3 dalam ikan Dori ini mempunyai manfaat untuk pertumbuhan sel- sel otak dan juga meningkatkan kecerdasan bayi.

Selain manfaat omega tiga untuk meningkatkan kecerdasan bayi, omega 3 juga berfungsi untuk mengurangi produksi partikel penyebab radang di dalam tubuh yang berpotensi merusak kulit.

  1. Mencegah keriput dan menjaga kesegaran kulit

Berbagai manfaat omega 3 yang terkandung di dalam ikan. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah keriput dan juga dapat menjaga kesegaran kulit. Sehingga hal ini akan menyebabkan kulit menjadi sehat, terawat, dan terlihat awet muda.

  1. Menjaga kesehatan mata

Ikan Dori mengandung banyak jenis vitamin, mineral, protein, dan lain sebagainya. Salah satu manfaat yang terkandung di dalamnya adalah manfaat menjaga kesehatan mata. Sehingga jika banyak mengonsumsi ikan Dori, maka mata kita kan lebih sehat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan berbagai macam vitamin, mineral, dan juga protein dalam Ikan Dori juga memberikan manfaat pada jantung. Salah satu manfaat yang diberikan oleh ikan Dori terhadap jantung adalah menjaga kesehatan jantung, sehingga bagi siapa saja yang rajin mengonsumsi ikan Dori ini maka kesehatan jantungnya juga akan terpelihara atau terjaga.

  1. Menyehatkan pencernaan

Kesehatan pencernaan dalam tubuh kita ini merupakan perkara penting yang harus kita jaga. Untuk menjaga pencernaan manusia ini kita perlu mengonsumsi aneka bahan makanan yang mempunyai fungsi menjaga sistem pencernaan kita. Fungsi bahan makanan yang dimaksud salah satunya ada pada ikan Dori. Ikan dori ini mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya berfungsi sebagai makanan yang menyehatkan sistem pencernaan kita. Apabila sistem pencernaan kita lancar, maka kita dapat melakukan berbagai aktifitas dengan tubuh yang ringan.

  1. Menyehatkan otot

Ikan Dori merupakan salah satu ikan yang yang mempunyai manfaat yang luar biasa banyak, salah satu manfaat yang terkandung di dalamnya adalah manfaat untuk menyehatkan otot. Ikan Dori karena kandungan berbagai zat atau vitaminnya, hingga dapat memberikan kontribusi manfaatnya pada otot, yakni menyehatkan otot.

Topik manfaat ikan lainnya

Itulah beberapa manfaat yang akan kita rasakan apabila kita mengonsumsi ikan Dori. Dengan demikian kita jadi mengetahui kelebihan yang dimiliki ikan Dori yang dapat kita rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : manfaat.co.id

 

%d bloggers like this: