Tips Mengelola Hati Sapi

 

images

Salah satu keunikan masakan Indonesia adalah kegemaran untuk menggunakan berbagai bahan yang tidak umum dikonsumsi kebanyakan orang. Organ dalam sapi seperti usus, babat, hati, dan limpa yang kurang menarik diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Salah satu organ dalam sapi yang punya banyak penggemar adalah hati sapi.

 

Hal penting yang perlu diingat dalam cara memasak  hati sapi adalah memastikan bahan ini matang sempurna agar hidangan aman disantap. Hal ini karena bakteri campylobacter bisa hidup secara patogen dalam jaringan hati sapi. Tapi, jangan biarkan hal ini membuat Ibu khawatir.  Hati sapi aman untuk dinikmati jika telah dimasak hingga matang atau hingga bagian dalam hati sapi mencapai suhu minimal 70°C. Agar lebih pasti, Ibu bisa mengukur temperaturnya dengan menggunakan thermometer khusus daging, lho.

 

Bila Ibu akan memasak hati sapi dengan cara ditumis, tumis hati sapi setidaknya selama 5 menit. Agar hati sapi cepat matang, hati sapi sebaiknya dipotong dadu kecil. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan bagian dalamnya matang sempurna. Jika potongan hati sapi terlalu besar, bisa jadi bagian dalamnya masih mentah. Selain itu, pastikan agar cairan hati tidak mengenai makanan lain. Semua alat masak yang bersentuhan dengan hati sapi mentah harus dicuci dengan bersih sebelum digunakan untuk mengolah bahan makanan lain. Hal ini penting diperhatikan untuk menjaga kebersihan dan menghindari risiko penyakit.

 

Tips lain yang bisa Ibu coba adalah merebus hati sapi dulu hingga setengah matang agar hati sapi mudah dipotong dan tidak menempel pada wajan saat ditumis. Selain itu, hati sapi juga bisa direbus dengan daun salam atau sedikit jahe untuk menghilangkan bau prengusnya.

 

Sumber:

lifestyle.okezone.com/read/2013/10/09/304/878836/cara-aman-masak-hati-gunakan-suhu-tepat

wartakota.tribunnews.com/2013/04/07/inilah-cara-memasak-hati-sapi-yang-benar

everydaylife.globalpost.com/long-should-beef-liver-cooked-23262.html

 

 

%d bloggers like this: