9 Alasan Manfaat Dan Khasiat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Jangan remehkan Khasiat Seafood yang satu ini ternyata dibalik tekstur dagingnya yang kenyal dan manis. Di dalam cumi terdapat tinta hitam yang digunakan sebagai pelindung dari serangan musuh.
cumi-kupas-utuh

Tetapi siapa sangka kalau ternyata tinta hitam yang sering dibuang ini mempunyai khasiat yang dahsyat dan lebih untuk kesehatan. Meskipun sedikit merusak tampilan masakan, namun tinta berwarna hitam ini perlu dikonsumsi. tinta cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker.

 

Berikut Adalah 9 Alasan Manfaat Dan Khasiat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan :

1. Mengatasi tumor

Seperti yang disebutkan diawal bahwa tinta cumi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tumor. Dengan cara tinta tersebut di injeksikan kepada penderita tumor. Namun ini masih dikaji lebih dalam oleh para pakar mengenai keabsahannya dan dosis yang dibutuhkan untuk mendukung sifat tinta untuk memerangi tumor.

2. Pembentukan sel darah merah

 Manfaat seafood juga hadir dalam cumi-cumi sangat kaya akan mineral dan nutrisi. Jika kembali cepat atas aborsi termasuk protein, vitamin, dan Omega3 yang khas dari kandungan gizi hewan laut. Bahkan informasi terbaru yang ditemukan kadar tembaga dalam cumi-cumi elemen body diketahui bahwa sangat baik untuk pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah memiliki peran penting dalam transportasi oksigen ke seluruh organ tubuh, sehingga cukup penting untuk mencegah penyakit jantung koroner, stroke.

3. Mengoptimalkan Sel Darah Putih

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini ditemukan ada zat khusus dalam tinta yang membuatnya istimewa. Setelah diuji tinta cumi-cumi juga mengaktifkan sel-sel darah putih yang baik untuk memerangi kuman dalam tubuh manusia.

4. Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol Dalam Darah

Kadar lemak pada daging cumi relatif rendah, yaitu 7,5 g/100 g bahan, masing-masing terdiri 1,9 g asam lemak jenuh; 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal; serta 2,1 g asam lemak tidak jenuh ganda. Termasuk ke dalam asam lemak tidak jenuh ganda adalah omega 3 yang dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

5. Menambah nafsu makan

Kandungan mineral dalam cumi-cumi ini mampu menyehatkan sistem pencernaan manusia seperti lambung hingga usus. Kandungan ini termasuk zat riboflavin dan zat niasin yang sangat di butuhkan tubuh.

6. Memperkuat tulang

Coba anda lihat tabel kandungan gizi cumi-cumi diatas. 100 gram cumi-cumi mengandung 270 mg, dan 2,7 mg zat besi. Kandungan tersebut sama halnya telah memenuhi kebutuhan gizi harian anda sebesar 17% fosfor, 8% seng dan 10 % magnesium dari total kebutuhan harian anda.

7. Untuk Obat Kanker

Ternyata zat yang terdapat dalam cumi-cumi bermanfaat untuk melawan kanker pada manusia. Penelitian ini diakui harus dilanjutkan sehingga hasilnya dapat lebih valid. Selain itu, mungkin ada manfaat lain selain sebagai obat melawan tumor. Namun yang pasti, bahan yang biasa dibuang dan tidak dikonsumsi oleh manusia ternyata memiliki manfaat bagi dunia kedokteran.

8. kesehatan bagi jantung

Para ahli mengungkapkan cumi-cumi adalah sumber makanan laut yang kaya protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga dalam kebaikan cumi untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah. Namun, Anda harus menghindari konsumsi cumi dengan cara digoreng.

9. Menghilangkan bekas cacar

Dampak setelah mengalami cacar terdapat adanya bekas di kulit. Bekas kulit tersebut cukup mempengaruhi penampilan kita, apalagi jika bekasnya di wajah. cara memanfaatkan cumi :

Jemur cumi-cumi tersebut hingga kering dan bersih. Setelah itu cumi-cumi yang kering tersebut ditumbuk. Ayak tumbukan cumi sehingga di dapat serbuk yang sangat halus. Serbuk itulah yang selanjutnya dijadikan untuk obat untuk mengatasi bekas cacar.

Sumber : seputarikan.com

%d bloggers like this: