Mana yang lebih sehat: daging merah atau daging putih?

Daging adalah sumber protein hewani yang tubuh kita butuhkan, dan Anda pasti mengetahui manfaatnya. Tapi, jika antara daging putih dan daging merah, manakah yang lebih baik untuk kesehatan tubuh? Berikut ini perbandingannya:

Daging merah

Daging merah berasal dari sapi ataupun kambing. Warna daging cenderung merah dan gelap karena kandungan Mioglobis. Rasa daging ini memiliki karakteristik tersendiri dan sudah menjadi favorit semua orang yang dan mungkin Anda juga.

Beberapa manfaatnya bagi tubuh antara lain protein sebagai pembangun sel-sel tubuh yang telah rusak dan mengubah karbohidrat menjadi energi. Seng dan selenium juga sumber penting bagi sistem imunitas tubuh, dan omega 3 membantu fungsi jantung, hati, serta sistem saraf pusat.

Daging merah mengandung 214 kalori, 16 gr protein, 0,2 gr karbohidrat, 4,4 gr lemak jenuh, 93 mg kolesterol, 84 mg sodium. Setiap porsinya mengandung riboflavin, niasin, thiamin, seng, selenium, vitamin A, B6, B12, K, omega 3, asam amino, dan zat besi.

Untuk itu, para ahli menghimbau agar mengkonsumsi daging merah dibatasi hingga 70 gr setiap harinya demi kesehatan kita. Banyak mengonsumsi daging merah mengakibatkan tubuh Anda akan cenderung cepat mengalami penumpukan lemak atau kegemukan.

Daging Putih

Daging putih terdapat pada ikan dan unggas seperti ayam, bebek, dan lain sebagainya. Daging putih tidak memiliki mioglobis, dan memiliki tekstur lebih lembek daripada daging merah. Rasanya pun tidak sepekat daging merah.

Kandungan gizi daging putih antara lain vitamin Auntuk menjaga kesehatan mata. Vitamin B untuk menghindari katarak pada mata, gangguan kulit, menjaga kekebalan tubuh, pencernaan, memperbaiki sistem saraf, mengatur kolesterol dan gula darah. Vitamin C membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh terhadap virus. Vitamin D membantu penyerapan kalsium sebagai penguat tulang. Mineraluntuk pembentukan hemoglobin, mengoptimalkan aktivitas otot, dan mencegah anemia. Natriumdan Kalium menjaga kesehatan tulang, memperbaiki fungsi otak, menguatkan gigi, dan menjaga keoptimalan proses metabolisme tubuh.

Daging putih mengandung 172 kalori, 21 gr protein, 9 gr lemak, 0 gr karbohidrat, 2,7 gr lemak jenuh, 64 mg kolesterol, dan 63 mg sodium. Nutrisi pada tiap porsi mengandung ialah Vitamin A, B, B6, B12, C, D, dan E, serta niasin, dan magnesium. Untuk tiap porsinya juga masih ada pembatasan meskipun tak sebanyak daging merah yaitu 100 gr per porsi di setiap harinya.

Daging putih lebih aman dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi dan sedang dalam program diet. Kebanyakan daging putih lebih sering dimasukkan kedalam menu program diet karena kelebihannya.

%d bloggers like this: