Peminat Daging Beku Meningkat

Analisadaily (Medan) – Peminat daging beku dilaporkan semakin meningkat. Hal tersebut terlihat saat operasi pasar (OP) yang dilakukan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Utara (Sumut) saat bulan Ramadan dan hari raya Lebaran lalu.

peminat-daging-beku-meningkat-250553-1

Kepala Perum Bulog Sumut, Fatah Yasin mengatakan, peminat daging beku cukup luar biasa meskipun memang belum sebesar peminat daging segar. Tetapi lambat laun masyarakat sudah bisa menerima daging beku tersebut.

“Daging beku cukup higienis, karena proses penyimpanannya dilakukan setelah proses pemotongan, daging sapi langsung dibekukan, tidak sampai menunggu sehingga sangat kecil kemungkinan terkontaminasi bakteri,” kata Fatah, Senin (18/7).

Ia menjelaskan, dalam kondisi beku, risiko daging terkontaminasi dengan bakteri sangat kecil. Namun jika dibandingkan, mana yang lebih bagus antara daging beku dengan daging segar, ia menimpali bahwa hal tersebut tergantung selera masyarakat.

“Adanya daging beku merupakan alternatif yang dihadirkan Bulog apabila ada keraguan masyarakat ketika akan membeli daging,” jelasnya.

Fatah menerangkan, daging beku tidak ada masalah dan hanya persepsi negatif masyarakat belaka. Tetapi jika menilik dari higienitas dan kehalalannya, daging beku sudah melalui proses yang memang disesuaikan dengan struktur yang berlaku.

“Ada perpindahan daging, seperti daging beku itu impor, tetap sudah ada sertifikasi halalnya. Dan pada saat impor ke Jakarta dan masuk ke Sumut juga akan dicek lagi oleh karantina,” terangnya.

“Kehadiran daging beku tersebut juga untuk mengendalikan harga daging di pasar agar tidak mengalami kenaikan yang cukup tinggi,” tambah Fatah.

(rzp/rts)

%d bloggers like this: