Apakah Harus Selalu Ikuti Resep Saat Memasak?

.

Resep jadi panduan memasak buat pemula. Tetapi seberapa penting kita harus patuh pada petunjuk resep?

Bagi pemula menambahkan seidkit bumbu kadang ragu-ragu. Menurut studi di Inggris seperti dikutip dari MNN (3/8/16), kebanyakan orang tak mematuhi resep. Alasan utamanya, mereka ingin bereksperimen dan tidak membuang makanan.

Ada banyak alasan kenapa orang memasak dengan gaya mereka sendiri, dari menghabiskan makanan yang akan kadaluarsa di kulkas sampai tidak adanya bahan yang tepat seperti di resep.

Berikut adalah lima tips untuk Anda si pemula yang ingin lebih kreatif saat memasak.

1. Sayuran itu serba guna
Saat membuat sup, salad, hidangan berat atau pasta, satu atau dua jenis sayuran dapat Anda masukkan sebagai tambahan. Tak usah takut, hal ini tidak akan merusak rasa makanan Anda.

Tapi, gunakan juga akal sehat, sesuaikan dengan rasa makanannya. Menambah lobak pada pasta mungkin akan merusak rasa pasta,

2. Google adalah teman Anda
Jika Anda punya resep baru dan bahan tertentu untuk dicoba, pertama Anda bisa mencarai di “google” nama resep dengan bahan tertentu tersebut.

Lebih lanjut, Anda bisa lihat bahan-bahan lainnya dalam resep di google itu. Jika mereka mirip atau sama dengan resep yang Anda ingin coba, itu lebih baik, Anda tentu bisa mencobanya.

3. Cukup satu herbal segar
Jika Anda punya herbal segar yang ingin digunakan, tambahkan satu saja ke dalam masakan. Menambahkan terlalu banyak bisa mengubah rasa lebih yang dari Anda inginkan.

4.Boleh kreatif memasak tetapi tidak saat bikin kue
Dalam membuat kue, ukuran dan bahannya harus persis, itu penting agar kue atau biskuit yang matang sempurna.

5. Belajarlah dari kegagalan
Kadang, Anda mungkin membuat sesuatu dan gagal. Itulah proses belajar. Jangan lupa sediakan nomor telepon makanan pesan antar, hanya berjaga-jaga jika Anda terlalu lelah untuk masak lagi.

(odi/adr)
sumber : food.detik.com

%d bloggers like this: