Cara Membuat dan Tips Resep Cumi Goreng Tepung Renyah Crispy

Tips Membuat Resep Cumi Goreng Tepung.

Buat teman teman yang hobi makan seafood, pasti sudah merasakan kelezatan cumi goreng tepung renyah yang crispy dan gurih. Tidak hanya untuk cemilan, cumi goreng atau juga dikenal dengan calamari ring tepung juga enak untuk teman makan nasi. Apalagi di tambah dengan saus mayonise atau saus sambal yang pedas, yummy pasti bikin kita ketagihan. Mengkin diantara kita pernah mengalami sendiri menggoreng cumi tetpai hasilnya lembek dan tidak renyah. Untuk itu, saya akan mengajak teman teman untuk membuat Resep Cumi Goreng Tepung dan memberikan sedikit tips cumi goreng tepung renyah.

Ada banyak sekali variasi masak cumi yang kita kenal, seperti cumi asam manis, resep cumi goreng tepung saus mentega atau cumi goreng saus asam manis. Mulai dari restauran yang cukup bonafid sampai warung kaki lima banyak kita jumpai dengan mudah penjual variasi masakan seafood ini. Ya, tidak hanya direbus, masak cumi bisa juga dengan di goreng crisp seperti ayam goreng. Tetapi memang mungkin tidak semua orang bisa membuatnya. Ada beberapa tips yang harus diketahu untuk bisa memasak cumi goreng tepung renyah yang enak dan gurih dengan sempurna.

Beberapa masalah yang ditemui dalam mengolah Resep Cumi Goreng Tepung cumi biasanya adalah bau amis dan hasil jadinya yang keras dan tidak bisa renyah. Hal ini sebenarnya wajar, mengingat karateristik hewan laut ini memang begitu. Selain pilihlah cumi yang segar dan tidak berbau amis, beri sedikit perasan jeruk nipis di atas cumi tersebet setelah dibersihkan. Untuk menjaga kesegaran dagingnya, sebaiknya cuci cumi menggunakan air dingin.

Daging cumi yang kenyal memang jadi salah satu faktor hasil gorengannya nanti menjadi keras. Untu itu, sebaiknya daging nya agak di empukkan terlebih daulu menggunakan bahan pengempuk daging atau bisa juga sedikit dipukul pukul (jangan terlalu keras karena bisa merusak tekstur dagingnya. Selain itu, daging cumi sebelum dimasak juga bisa di bekukan terlebih dahulu. Teman teman juga bisa merendamnya terlebih dahulu ke dalam susu sebelum digoreng selama kurang lebih 1 jam. Dalam proses membuat Resep Cumi Goreng Tepungnya, sebaiknya juga menggunakan minyak yang benar benar sudah panas dan jangan meggoreng terlalu banyak cumi dalam satu gorengan. Oke, untuk detail bahan bahan yang digunakan dan cara membuatnya silahkan melihat di bawah ya.

Bahan bahan Resep Cumi Goreng Tepung

– Daging cumi segar yang sudah dibersihkan dan dibuang tintanya sebanyak 750 gram. Pilih ukuran sedang dan potong dengan lebar sesuai selera (jangan terlalu lebar).

– Jeruk Nipis kurang lebih 2 buah ukuran besar. Ambil air perasannya kurang lebih 1- 1,5 sendok makan.

– Telur ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.

– Merica halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil. Bisa dihilangkan apabila mau memasak untuk anak anak yang tidak suka pedas.

– Kaldu Ayam bubuk atau instan sebanyak kurang lebih satu sendok kecil.

– Tepung Terigu halus sebanyak 150 gram

– Garam dapur yang beryodium sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh.

– Jahe yang sudah dibersihkan dan diparut sebanyak setengah sendok kecil.

– Bawah putih lokal satu setengah pcs. Dikupas kulitnya dan diparut alus.

– Minyak Goreng secukupnya.

Cara Memasak dan Goreng Resep Cumi Goreng Tepung Spesial

– Cumi yang sudah dicuci bersih dipotong sesuai ukuran dan lebar yang diinginkan. Pastikan cumi sudah melalui tips untuk mengempukkan dagingnya diatas.

–  Ambil satu wadah ukuran sedang. Lumuri daging cumi yang sudh dipotong dengan air perasan jeruk nipisnya. Aduk sampai rata dan pastikan semua bagian daginnya kena air jeruk nipisnya dan diamkan kurang lebih setengah jam.

– Ambil satu wadah lagi untuk adonan celupannya.

– Masukkan tepung terigu, garam dapur, merica, jahe, bawang putih dan kaldu ayamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai tercampur rata.

– Masukkan telurnya dan aduk kembali sampai semua adonan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.

– Masukkan cumi yang sudah dilumuri air jeruk nipis ke dalam campuran tepung diatas. Bolak balikkan sampai semua bagian cumi tertutup rata oleh adonan tepung.

– Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang.

– Tunggu sampai minyak panas dan masukkan cumi tepung diatas. Jangan memasukkan terlalu banyak supaya matangnya merata.

– Bolak balik dan goreng kurang lebih sekitar 3 menit. Jangan terlalu lama supaya hasil jadi cumi goreng tepung tidak keras.

– Tiriskan sampai benar benar tiris sebelum disajikan.

Bagaimana menurut teman teman cara masak cumi goreng tepung di atas? Tidak terlalu sulitkan asal tahu rahasia dan tips membuat Resep cumi Goreng Tepung Renyah yang Enak dan Crispy. Cumi ini sebenarnya sudah enak untuk dimakan langsung, tetapi rasanya akan bertambah lezat apabila ditambah dengan mayonise atau saus sambal yang pedas. Apabila teman teman memang penggemar berat masakan Seafood, jangan lupa juga mencoba Resep Cumi Saus Padang Enak dan Resep Capcay Goreng Seafood.

sumber : resepcaramemasak.info

%d bloggers like this: