Fakta Nutrisi dan 11 Manfaat Udang untuk Kesehatan Anda

.

Fakta nutrisi dan 11 manfaat udang untuk kesehatan Anda bisa terbukti benar-benar nyata. Udang menjadi salah satu makanan favorit selain ikan dan daging. Tekstur rasa daging udang yang sangat alami dan gurih membuat anak-anak dan orang tua suka makan udang. Udang terkenal karena khasiatnya yang bisa membantu mencegah berbagai jenis penyakit dan juga mudah untuk didapatkan. Udang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan sesuai dengan selera Anda.

Karakteristik Udang

Udang termasuk dalam salah satu jenis keluarga Crustacea. Udang bisa ditemukan sebagai hewan laut tapi juga bisa dikembangkan di perairan tawar. Udang memiliki kaki berjumlah 10, ekor yang lancip dengan tiga lapisan keras, mata yang bertangkai, rambut panjang sebagai kumis dan bagian ujung kepala yang runcing. Panjang udang adalah sekitar 1 sampai 4 cm atau lebih besar dari itu tergantung dari jenis dan habitatnya. Udang sebesar lebih dari 20 cm sering menjadi udang mewah yang hanya disajikan direstoran dengan harga yang sangat mahal.

Fakta Gizi Udang

Udang termasuk salah satu jenis makanan laut atau perairan yang sangat disukai. Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti pada kerang, ikan kembung, ikan sarden, ikan tuna dan ikan salmon. Berdasarkan dari data yang dirilis oleh sumber USDA, beberapa nutrisi yang ditemukan dalam udang sangat lengkap. Udang merupakan sumber protein, air, energi, dan lemak. Daftar mineral yang ditemukan dalam udang adalah seperti kalsium, zat besi, magnesium, selenium, tembaga, fosfor, kalium, dan seng. Udang juga mengandung asam lemak yang cukup menyehatkan.

Melihat dari kandungan nutrisi udang, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti dibawah ini.

Membantu Aktifitas Kelenjar Tiroid

Udang dipercaya mengandung tingkat yodium sehat yang cukup tinggi. Tubuh kita membutuhkan yodium untuk mengatur kerja kelenjar tiroid. Kelenjar ini sangat penting untuk mengatur metabolisme tubuh dan berat badan. Bahkan bagi ibu hamil yodium sangat penting untuk mendukung kerja fungsi otak pada janin.

Menjaga Kesehatan Mata

Kebiasaan mengkonsumsi udang juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian ditemukan beberapa zat yang penting untuk menjaga kesehatan mata seperti astaxanthin. Zat ini bisa membantu melawan rasa lelah berlebihan pada mata dan mengurangi efek buruk dari sinar matahari atau radiasi pada mata.

Membangun Tulang yang Sehat

Kebiasaan mengkonsumsi udang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Udang mengandung sumber mineral yang sangat penting untuk tulang seperti magnesium, fosfor, kalsium dan seng. Semua jenis mineral ini penting untuk menjaga penyerapan kalsium untuk tulang dan menjaga massa tulang itu sendiri. Bahkan konsumsi udang secara rutin untuk wanita bisa mengurangi resiko penyakit osteoporosis pada wanita yang sudah menopause.

Menurunkan Berat Badan

Udang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Udang mengandung sejumlah karbohidrat, protein dan lemak. Semua jenis kandungan alami ini rendah dan sangat menyehatkan. Ditambah dengan bahan seng dan magnesium yang bisa meningkaykan kandungan hormon leptin dalam tubuh. Ini adalah salah satu jenis hormon yang membantu tubuh mengatur keinginan untuk makan dan tingkat energi untuk tubuh. Perhatikan untuk tidak menggoreng udang untuk menghindari semua efek berbahaya ini.

Menjaga Akar Rambut

Jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat maka cobalah untuk mengkonsumsi udang. Udang mengandung seng yang sangat baik untuk menjaga akar rambut, mengendalikan sel rambut, menjaga kesehatan kulit dan memerangi efek penuaan dini. Udang akan membantu penampilan Anda menjadi lebih cantik dan terlihat awet muda.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kebiasaan makan udang juga bisa memberikan hasil yang menakjubkan untuk kulit. Udang mengandung seng yang bisa menjaga nutrisi kulit. Bahkan kandungan mineral ini sangat baik untuk menjaga proses regenerasi sel. Menjaga asupan makanan seperti udang akan membantu kulit Anda menjadi lebih halus, tidak terkena efek sinar matahari dan menghilangkan keriput. Ini adalah perawatan alami sehingga Anda bisa mendapatkan hasilnya jika konsumsi udang dari usia muda.

Mencegah Penyakit Jantung

Makan udang sebagai makanan favorit memang sangat menyehatkan, terutama untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega 3 bisa membantu menurunkan kolesterol dan menjaga aliran darah yang sehat dalam tubuh. Bahkan udang mengandung mineral yang sangat baik untuk menjaga kerja detak jantung, menurunkan resiko stroke dan penyakit hipertensi. Anda bisa mencoba memasak udang dengan merebus atau memanggang untuk mendapatkan manfaat ini. Menggoreng udang hanya akan meningkatkan jumlah lemak jenuh yang berbahaya untuk jantung.

Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Udang sangat penting untuk kesehatan karena bisa membantu menurunkan resiko penyakit kanker. Kandungan senyawa yang ditemukan dalam udang seperti astaxanthin sangat penting untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Bahkan konsumsi udang terbukti bisa menurunkan resiko penyakit kanker prostat dan saluran pernafasan.

Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Udang termasuk salah satu makanan yang sangat menyehatkan. Udang mengandung selenium yang bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Kandungan selenium ini juga sangat baik untuk melawan berbagai jenis peradangan yang bisa menyebabkan penyakit kronis dan kanker. Selenium sangat penting untuk melawan berbagai jenis efek radikal bebas yang sering menyebabkan gangguan organ tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak

Udang mengandung zat besi yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah, meningkatkan kerja dan fungsi otot serta membuat tubuh Anda bisa melawan infeksi. Selain itu zat besi sangat penting untuk kesehatan otak. Ketika Anda memiliki aliran darah yang baik dan jumlah oksigen yang cukup maka otak juga bisa bekerja dengan baik. Bahkan konsumsi udang berhubungan dengan kecerdasan otak dan kemampuan otak dalam menyimpan memori.

Sumber Protein Sehat

Udang akan membantu menjaga nutrisi sehat dalam tubuh Anda. Udang mengandung kalori yang cukup rendah, dibandingkan dengan ayam atau daging merah. Kandungan protein dan kalori yang rendah ini sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan lemak serta menjaga berat badan yang ideal. Diet dengan udang bisa menjadi salah satu cara cerdas untuk diet sekaligus sehat.

Tips Memilih dan Menyimpan Udang

Selalu usahakan untuk memilih jenis udang yang masih segar. Udang yang masih segar akan dijual dari tempat yang banyak air seperti akuarium atau kolam kecil.
Pilih jenis udang sesuai dengan jenis udang yang menarik minat Anda.
Hindari memilih udang yang sudah mati, terlihat lemah, daging yang lembut dan rusak pada bagian cangkang di sekitar kepala. Memilih udang hidup tetap yang terbaik.

Hindari memilih jenis udang yang sudah dicampur dengan es dan ditempatkan dalam mesin pendingin. Udang seperti ini bisa saja sudah lama disimpan dan kurang sehat.

Mintalah kepada penjual atau pedagang untuk menambahkan pada udang agar tidak membusuk saat perjalanan pulang dari toko ke rumah.

Anda bisa menyimpan udang yang sudah dibersihkan dalam tempat yang kedap udara. Kemudian masukkan dalam freezer agar udang tidak membusuk. Udang segar sebaiknya disimpan kurang dari 24 jam. Jika lebih dari itu maka kualitas udang sudah tidak baik dan bisa menyebabkan keracunan bakteri.

PERHATIKAN, INI EFEK SAMPING UDANG

Terlalu banyak mengkonsumsi udang laut bisa menyebabkan keracunan merkuri.

Semua udang laut mengandung kadar merkuri yang berbeda-beda.

Udang mengandung kadar purin yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan
penyakit asam urat dan gagal ginjal menjadi lebih buruk. Karena itu konsumsi udang sebaiknya dalam jumlah yang lebih bijak dan tidak berlebihan.

Udang menjadi salah satu makanan yang bisa menyebabkan alergi. Reaksi alergi yang disebabkan udang sering ditandai dengan gatal, muntah-muntah, mual, sakit kepala dan jika parah bisa menyebabkan kehilangan kesadaran.

Terlalu berlebihan mengkonsumsi udang juga bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol sehingga berbahaya untuk penderita hipertensi, stroke dan jantung.

Udang bisa menjadi lauk yang sangat lezat untuk keluarga. Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran yang dimasak bersama udang seperti kale, jagung manis, rhubarb, iceberg, daun bawang, atau buncis.

sumber :ilmunutrisi.com

%d bloggers like this: