Penjelasan Mengapa Sapi Indonesia Tampak Kurus

Lembaga pemerhati dan peneliti industri daging dan ternak sapi, Meat and Livestock Australia (MLA), mencatat sudah tiga kali terjadi rekor jumlah daging dan ternak sapi yang diekspor Australia.

dsc00066

Negara-negara di Timur Tengah menjadi pasar vital bagi Australia, disusul dengan Amerika Serikat, Cina, dan Jepang. Sementara di negara-negara kawasan Asia Tenggara, Indonesia dan Filipina menjadi pasar tujuan utama pemasaran daging dan sapi hidup asal Australia.

Menurut David Spencer, salah satu peternak asal Australia, salah satu kunci keberhasilan Australia sebagai eksportir daging sapi adalah produk sapi-sapinya yang berkualitas tinggi. Tak hanya itu, kawin silang dari bibit-bibit unggulan terus diupayakan agar dapat menghasilkan daging-daging berkualitas premium.

Mengapa sapi-sapi di Indonesia tidak memiliki karakter fisik yang sama? David mengatakan bahwa makanan bukan menjadi faktornya. Diduga karena kebutuhan yang tinggi sehingga daging lebih banyak dipotong dengan cepat, ketimbang terus dikawinkan dan diternakan untuk mendapatkan kualitas yang baik. (Net/CT)

sumber : cirebontrust.com

%d bloggers like this: