Kiat Memilih Daging Sapi yang Aman dan Halal

Masih terungkapnya penjualan daging oplosan di beberapa wilayah Tanah Air mendorong masyarakat agar lebih waspada ketika membeli bahan makanan kaya protein tersebut. Pastikan sebelum dibeli daging sapi aman, sehat, dan tentunya halal.

daging-sapi-di-pasar-minggu-jakarta-selatan-_160621170617-867
Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Sri Mukartini memberikan beberapa kiat memilih daging sapi yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Salah satunya, pilihlah daging sapi yang baik yakni yang berwarna merah dan segar. Waspadalah jika mendapati dagin yang berwana pucat dan kotor.

Kuat lain adalah memperhatikan aroma juga rasanya ketika diolah. “Daging berkualitas baik mempunyai rasa gurih dan aroma yang sedap,” ujar Sri dalam sosialisasi keamanan mengkonsumsi daging di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (28/7).

Ia menambahkan, ciri daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Daging yang segar juga memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas sapi. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

Sri juga menyarankan agar masyarakat membeli daging yang tidak berair, karena jika berair artinya daging tersebut sudah berada cukup lama di udara bebas. “Pastikan Anda membeli daging dari penjual/ supplier daging yang mempunyai izin halal,” kata Sri berpesan kepada masyarakat.

sumber : republika.com

%d bloggers like this: