Sop Kuah Belut, Proteinnya Setara Daging Sapi

Masak ikan belut yuukk. Eh…
Belut tuh punya nilai energi yang tinggi loh, 303 kilo kalori per 100 gram daging. Nilai energinya jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi.

Selain itu, belut memiliki kandungan protein setara kandungan protein daging sapi yakni 18,4g/100.?Belut juga mengandung leusin yang bermanfaat untuk perombakan dan pembentukan protein otot.

Belut mengandung arginin atau asam amino non esensial yang dapat memengaruhi hormon pertumbuhan manusia yang sering disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH dapat membantu kesehatan otot dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak tubuh.

Mengkonsumsi 125 gram daging belut per hari dapat memenuhi kebutuhan akan zat besi yakni 25 mg per harinya. Zat besi ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah anemia.

Belut juga kaya akan fosfor yang nilainya dua kali lipat kandungan fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang.

Kandungan vitamin A belut sekitar 1.600 SI per 100 gram sehingga sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel. Sedangkan vitamin B yang juga banyak terkandung dalam belut sangat bermanfaat untuk kofaktor dari suatu enzim.

Namun, harap hati-hati juga. Jangan berlebihan mengkonsumsi belut. Menurut publikasi Singapore General Hospital, belut termasuk makanan berkolesterol tinggi, jadi jangan dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Nah itu pengetahuan tentang belut. Sekarang mari mencoba mengolahnya. Kita namakan saja Sop Kuah Belut.

Ambil tiga belut yang ukuran sedang. Bersihkan, potong masing-masing jadi dua atau tiga bagian. Cuci bersih lalu kucurkan air jeruk nipis dan ratakan. Biarkan 15-20 menit.

Bawang merah 5 siung dan bawang putih 3, ketumbar 1/2 sendok teh, kemiri 3 butir, kunyit secuil kecil, garam. Semuanya dihaluskan jadi satu. Lalu siapkan pula santan 2 gelas.

Bahan lainnya lengkuas satu potong digeprak, daun jeruk purut 3 lembar, daun salam 1 lembar, jahe satu potong digeprak, daun bawang 4 diiris-iris, gula merah secukupnya.

Cara mengolahnya, pertama goreng belut hingga matang lalu tiriskan.
Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Selanjutnya campurkan bahan-bahan lainnya. Sesudahnya tuangkan santan dan aduk pelan-pelan. Jika sudah mendidih masukkan belut. Biarkan sampai bumbu meresap semuanya.

Oke, selamat mencoba.

%d bloggers like this: