8 Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

images-2

Walaupun Anda termasuk penggemar hidangan daging kambing, bisa jadi Anda bukan termasuk yang gemar memasaknya sendiri di rumah. Pasalnya mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah. Salah cara memasak, bukannya jadi menu Idul Adha yang lezat, malah jadi gulai kambing yang alot dan prengus.

Nah, untuk menghindari hal seperti ini Anda bisa menyimak tips-tips dalam mengolah daging kambing yang kami rangkum berikut.

Tips 1: Singkirkan lemaknya

Sebagian besar aroma prengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel di daging. Anda bisa meniru cara yang direkomendasikan Livestrong untuk mengatasinya.
Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

Tips 2: Jangan dicuci
Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau Anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam.
Sebaiknya Anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

Tips 3: Taburi garam
Kalau daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.
Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

Tips 4: Rebus dengan rempah-rempah
Kalau Anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

Tips 5: Baluri dengan parutan nanas
Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Tips 6: Baluri dengan parutan pir
Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat penggunaan buah ini untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Tips 7: Bungkus dengan daun pepaya
Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

Tips 8: Lumuri dengan jeruk nipis
Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Itulah 8 tips dalam mengolah daging kambing sendiri yang bisa Anda terapkan.Dan untuk mendapatkan daging Kambing berkualitas baik anda bisa menghubungi Mitra Boga Tama sebagai produsen, supplier/pemasok, dan distributor/penyalur berbagai jenis daging impor-lokal.MBT memiliki jenis produk terlengkap (complete items), kualitas produk dan layanan (qualified products & services), dengan harga terjangkau (reasonable price)

%d bloggers like this: