Cara Mengolah Paru Sapi Agar Gurih dan Empuk

paru-sapi
Paru sapi merupakan salah satu jeroan yang populer. Rasanya gurih empuk dan bisa diolah menjadi beragam lauk enak. Namun, paru sapi segar perlu ditangani dengan benar sebelum dibumbui.

Paru segar umumnya masih mengandung air dan darah. Karenanya perlu waktu lama untuk mengempukkan dan menghilangkan aroma anyirnya. Sebaiknya cuci bersih lebih dahulu. Perhatikan beberapa hal penting ini saat mengolah.

1. Cuci bersih
Selain tetesan darah, kadang di otot berlubang pada paru juga terdapat pasir halus dan kotoran. Sebaiknya cuci di bawah air mengalir hingga bersih. Kemudian tiriskan hingga seluruh air di dalam paru sapi turun.

2. Potong
Agar lebih cepat empuk, potong sapi menjadi 2 – 4 bagian. Cek kembali apakah masih ada kotoran atau sisa darah pada bekas potongannya.

3. Perebusan
Didihkan air secukupnya dalam panci, kemudian masukkan potongan paru. Beri beberapa lembar daun salam dan daun jeruk. Rebus hingga mendidih. Angkat kotoran di permukaanya. Kecilkan api, rebus terus hingga paru menyusut dan empuk. Jika perlu tambahkan air panas.

4. Paru matang
Sebelum dibumbui, paru bisa diiris tipis atau dipotong dadu. Saat mengiris jika ada bagian keras berupa otot saluran udara paru bisa dipotong. Bagian ini yang sering membuat paru keras.

5. Membumbui
Siapkan bumbu sesuai dengan hidangan yang akan dibuat. Jika akan digoreng, bisa diberi bumbu bacem dan direbus kembali dengan bumbu. Atau dipotong dadu sebagai campuran soto atau sambal goreng.

Nah itulah cara mengelola paru sapi agart gurih dan empuk. Dan untuk mendapatkan Paru Sapi berkualitas baik anda bisa menghubungi Mitra Boga Tama sebagai produsen, supplier/pemasok, dan distributor/penyalur berbagai jenis daging impor-lokal.MBT memiliki jenis produk terlengkap (complete items), kualitas produk dan layanan (qualified products & services), dengan harga terjangkau (reasonable price).

Sumber:food.detik.com

%d bloggers like this: