10 Manfaat Sumsum Tulang Sapi Bagi Kesehatan

Sumsum-Tulang-sapi-

Sapi merupakan binatang peliharaan yang dijadikan suatu aset di sebuah pedesaan. Tidak hanya itu sapi ternyata memiliki banyak manfaat untuk dihasilkan, seperti susu sapi yang memang kerap dikonsumsi. Daging sapi yang harganya semakin mahal tentunya menguntungkan bagi para peternak sapi. Kulit sapi yang dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan. Banyak sekali bukan manfaat dari sapi itu sendiri, itu kenapa sapi sangat senang untuk dirawat dan dipelihara.

Selain itu, semua bagian dari sapi itu masih memiliki banyak fungsi lainnya. Seperti halnya adalah sum-sum tulang belakang sapi. Kita ketahui sum-sum tulang belakang memang sangat bermanfaat, apalagi untuk manusia sendiri sangat baik untuk kesehatan bagi tubuh kita. Mari kita simak, kandungan dan manfaatnya apa saja sum-sum tulang belakang sapi ini.

Kandungan dalam sum-sum tulang belakang

  • Lemak – Kandungan lemak yang ada pada sapi potong sangat banyak sekitar 51 gram per 3 setengah-oz, jadi sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit anda
  • Protein – Sum-sum tulang sapi juga banyak mengandung protein, meskipun tidak sebanyak kandungan lemaknya. Bila kandungan lemak pada sum-sum tulang 51 Gom Player per 3 ½-oz, maka protein yang terkandung pada sum-sum tulang hanya 7g per 3 1/2 –oz saja. Memang tidak terlalu banyak namun dengan protein ini dapat membantu kesehatan anda juga.
  • Kalsium – Sum-sum tulang sapi mengantung 70 persen hidroksiapatit yang baik untuk kesehatan tubuh anda.
  • Zat besi – Zat besi yang terkandung pada sum-sum tulang sapi tidak begitu banyak hanya 480 mg saja.
  • Fosfor – Sedangkan kandungan fosfor pada tulang ini hanya 3,1 mg saja.

Memang tidak terlalu banyak kandungan yang ada pada tulang sapi ini, tapi ketahuilah kandungan itulah yang sebenarnya diperlukan juga untuk tubuh. Jadi ke 5 kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan pada tubuh. Lalu apa saja manfaat dari sm-sum tulang dari sapi itu sendiri ? mari kita simak berikut ini

1. Mencegah kulit bersisik

Kekurangan lemak membuat kulit akan mudah bersisik, itu sebabnya kita membutuhkan lemak yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam agar tidak bersisik dan agar tetap sehat, dengan kulit yang sehat, akan terlihat lebih manis dan cantik, bila kulit sudah bersisik, sangat sulit untuk mengambalikannya lagi, karena kandungan lemak yang dibutuhkan cukup banyak.

2. Membantu penyembuhan luka

Lemak juga membantu mempercepat penyembuhan luka. Pada saat lemak tercukupi di dalam tubuh dengan demikian, bagian tubuh yang terkena luka juga akan lancar bila hendak menciptakan perlindungan yang akan di gunakan untuk membantu menghambat pertumbuhan luka itu. Mempercepan penyembuhan luka tersebut, jika lemak tercukupi maka semua metabolisme dalam tubuh juga akan terbantu dan lancar.

3. Mengontrol fungsi jantung

Memang benar, ternyata manfaat sumsum tulang sapi juga dapat membantu untuk mengontrol fungsi jantung anda. Tidak begitu heran jika sum-sum tulang dapat membantu mengontrol fungsi jantung, karena fungsi jantung itu sendiri dapat di kontrol dengan mengandalkan banyak kalsium. Kita ketahui bahwa sum-sum tulang memiliki kalsium yang cukup untuk itu melengkapi kecukupan kalsium pada jantung.herbal untuk menyehatkan jantung lainnya :

4. Mengatur pembekuan darah

Fungsi tulang belakang pada manusia juga membantu pembekuan darah, bila mengkonsumsi sum-sum tulang belakang secara otomatis juga akan membantu untuk membekukan darah. Pada sum-sum tulang belakang terkandung asam lemak dan omega 3 serta omega 6 yang berperan penting dalam membekukan darah pada luka, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka pada si penderita luka tersebut.sponsored links

5. Mencegah osteoporosis

Osteoporoseis dapat terjadi apabila kombinasi antara semuanya tidak seimbang. Apalagi bila protein pada tubuh berkurang dan tidak tercukupi dengan penuh akan menyebabkan semakin cepatnya proses osteoporosis pada tubuh anda. Untuk itu agar tidak terjadi osteoporosis lebih baik mempebanyak protein untuk konsumsi asupan gizi anda.

6. Mengontrol fungsi tekanan darah

Selain mengontrol fungsi jantung, ternyata sum-sum juga dapat mengatur tekanan darah. Itu karena ada kandungan kalsium yang cukup juga dalam sum-sum tulang tersebut.

7. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Lagi-lagi kalsium dan kalium juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, itu sebabnya tulang sapi sangat bermanfaat karena tulang sapi memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk memberi asupan kalsium pada tubuh manusia,itu sebabnya tak heran bila sum-sum tulang sapi banyak dicari dan dimanfaatkan dokter untuk membantu mengobati pasien para penderita penyakit seperti tulang dan gigi tersebut.

8. Mempercepat proses penyembuahan tulang patah

Dalam kedokteran biasa menggunakan sum-sum tulang sapi untuk membantu menyembuhkan pasiennya yang terserang penyakit tulang patah ataupun penyakit lainya yang berkaitan dengan tulang.

9. Meningkatkan fungsi otak pada anak dan juga integelensi anak

Selain fungsi untuk tulang, juga bermanfaat untuk meningkatkan integelensi anak karena protein, kalsium dan juga kalium tercukupi sudah sejak usia dini.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan gizi yang cukup dari sum-sum tulang jadi dapat pula membuat kekebalan tubuh sehingga lebih kebal. Lebih dapat menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih baik, jika daya tahan tubuh baik, berarti tubuh akan sehat.

Solusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh lainnya :

Banyak bukan manfaat sumsum tulang sapi ini, mungkin terkadang kita pikir makan tulang itu tidak boleh. Ya memang tidak boleh, tapi perlu digaris bawahi,yang kita ambil disini bukanlah tulangnya namun yang kita ambil disini hanya sum-sum tulangnya saja. Jadi kita hanya menyerap sumsum tulang saja, jadi sah-sah saja ketika kita mengkonsumsi sum-sum tulang belakang.

 

Summber:manfaat.co.id

%d bloggers like this: