MENGENAL 5 TINGKAT KEMATANGAN DAGING SAPI

ikan tuna

Saat mengunjungi restoran steak, kemungkinan besar anda  akan mendapat pertanyaan seperti ini: “Seperti apa tingkat kematangan steak yang Anda mau?” Tingkat kematangan steak memang merupakan salah satu faktor yang jadi perhatian dalam steak yang lezat.

Tiap orang biasanya memiliki selera tingkat kematangan steak masing-masing. Kalau anda ingin menyajikan hidangan yang istimewa untuk keluarga, steak yang lezat bisa jadi pilihan Ibu di antara resep-resep makanan lainnya. Tapi, sebelumnya pelajari dulu mengenai beberapa tingkat kematangan steak daging sapi di artikel ini ya.

Cara terbaik untuk memastikan tingkat kematangan daging sapi adalah menggunakan termometer daging untuk mengukur suhu daging. Tapi, anda juga bisa memasak steak dengan tingkat kematangan yang pas dengan beberapa tips. Dikutip dari Royco.com akan memberikan mengenal 5 tingkat kematangan daging sapi yang bisa  Anda coba di dapur rumah, Kamis, 26/1/2017

  1. Rare

Bila steak dengan kematangan ini dipotong, bagian dalam dagingnya akan terlihat kemerahan. Untuk mencapai tingkat kematangan ini, masak steak selama 2,5 menit di masing-masing sisinya dan panaskan bagian pinggir steak selama sekitar 10 detik. Suhu internal steak bila diukur dengan termometer daging adalah sekitar 30-51°C.

  1. Medium Rare

Steak dengan tingkat kematangan medium rare dimasak selama sekitar 3,5 menit pada tiap sisinya. Bila dipotong, daging akan terlihat merah muda di bagian pinggirnya dan merah di bagian tengahnya. Suhu internal steak bila diukur dengan termometer daging adalah sekitar 57-63°C.

  1. Medium

Bila dimasak selama sekitar 4 menit pada tiap sisinya, steak akan mencapai tingkat kematangan medium. Bagian tengah daging akan tetap terlihat lembap dan merah muda.  Suhu internal steak bila diukur dengan termometer daging adalah sekitar 63-68°C.

  1. Medium Well

Bila dipotong, steak dengan tingkat kematangan medium well akan terlihat merah muda hingga kecokelatan pada bagian tengahnya. Untuk mendapatkan steak dengan tingkat kematangan ini, masak daging selama sekitar 5 menit pada tiap sisinya hingga bagian tengah daging mencapai suhu sekitar 72-77°C.

  1. Well-Done

Steak dengan tingkat kematangan well-done dimasak selama sekitar 6 menit di tiap sisinya. Seluruh bagian tengah daging akan terlihat abu-abu muda hingga kecokelatan dengan suhu internal sekitar 77°C.

Setelah mempelajari tingkat kematangan daging sapi di atas, anda tinggal mencari resep sajian pendamping steak yang lezat di antara resep-resep makanan yang Ibu miliki. Perlu diketahui, panduan waktu memasak di atas adalah untuk daging sapi dengan ketebalan sekitar 2,5 cm . Kalau ingin lebih yakin menentukan tingkat kematangan daging sapi, Ibu bisa menggunakan termometer daging untuk mengukur suhunya. Siap menghidangkan sajian istimewa berupa steak untuk keluarga tercinta anda.

Nah itulah Mengenal 5 Tingkat Kematangan Daging . Dan untuk daging sapi yang berkualitas baik ,anda bisa menghubungi Proteinatama sebagai produsen, supplier/pemasok, dan distributor/penyalur berbagai jenis daging impor-lokal.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Selamat mencoba!

Sumber: Royco.com

Advertisements
%d bloggers like this: