Begini Cara Cepat Mencairkan Daging Beku

beku

Daging yang tidak langsung diolah biasanya akan disimpan di dalam freezer. Hal ini bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri sehingga daging tidak cepat busuk. Bakteri akan tumbuh sangat baik dengan suhu 21°C sampai 37°C. Penyimpanan sebaiknya dilakukan di dalam freezer dengan suhu 0-3°C di mana pada suhu tersebut bakteri akan tumbuh dengan sangat lambat.

Ketika daging beku akan kita olah, cara mencairkan yang biasa kita lakukan adalah dengan mendiamkan daging dalam suhu ruang lebih kurang 25 derajat celsius hingga semua es pada daging mencair. Namun, banyak orang yang merasa bahwa cara ini memakan waktu yang terlalu lama. Ada cara lain yang lebih cepat loh..

Sebuah stasiun tv kabel di Taiwan, CTi, menayangkan kiat praktis dalam mengolah daging sebelum dimasak. Anda hanya membutuhkan dua buah panci alumunium. Kemudian, pilih salah satu panci, lalu balikkan (posisi bawah panci menjadi di atas dan mulut panci di bawah). Letakkan daging yang masih terbungkus plastik dan beku  di atas panci terbalik tersebut. Selanjutnya, ambil panci lainnya, dan isilah dengan air kran. Setelah panci terisi, tumpuk panci ini di atas daging dan panci terbalik. Sehingga susunannya nampak seperti burger panci. Diamkan selama 5 hingga10 menit (tergantung ketebalan daging). Anda akan saksikan, lambat laun daging akan mencair dengan sendirinya.

gambar panci

Hal ini bisa terjadi karena alumunium atau stainless steel termasuk golongan metal dan berfungsi sebagai konduktor yang baik dalam menghantarkan panas lebih cepat. Alhasil, es pun bisa meleleh lebih cepat.  Selain itu, berat air di dalam panci juga akan membantu menekan metal yang ada di atas daging, sehingga memperluas permukaan tekanan. Ini menyebabkan permukaan yang panas pun jadi semakin luas dan es lebih cepat mencair.

            Mudah dan cepat bukan? Anda bisa melakukan sendiri di rumah karena praktis dan alat yang dibutuhkan sederhana. Dan untuk mendapatkan Daging beku yang berkualitas baik, anda bisa menghubungi Mitra Boga Tama sebagai produsen, supplier/pemasok, dan distributor/penyalur berbagai jenis daging impor-lokal.

Semoga infonya bermanfaat ya, selamat mencoba…

Sumber : lifestyle.kompas.com

Advertisements
%d bloggers like this: