Jangan Lumerkan Daging Beku di Microwave

Para ahli menyarankan, tidak menggunakan microwave untuk melumerkan daging beku. Walaupun melumerkan bahan makanan beku menggunakan microwave bisa jadi cara yang lebih cepat dan praktis, ada bahaya mengintai di baliknya.

Ahli pangan, Costas Stathopoulos dari Universitas Abertay di Skotlandia juga menyerukan hal serupa. Sebaiknya, Anda jangan pernah melumerkan daging beku di microwave, dilansir dari Global News.

Bahkan mendiamkan daging beku di ruang terbuka, seperti ditaruh di meja makan juga perlu dihindari. Sebenarnya, cara terbaik untuk mencairkan daging beku, menurut Stathopoulos berupa menaruh daging beku di lemari es, yang bersuhu rendah selama beberapa jam.

Suhu dingin di lemari es dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko sakit perut, ditulis dari Women’s Health.

Profesor Keith Warriner dari University of Guelph, Ontario menanggapi studi tersebut.

“Melumerkan daging beku di lemari es lebih baik daripada di microwave,” jelas Warriner.

Melumerkan daging beku di atas meja dan di dalam microwave dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, seperti staphylococcus aureus dan bakteri e-coli. Bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut.

Trik aman melumerkan daging beku

Menurut Health Canada, microwave hanya boleh digunakan sebagai metode melumerkan daging beku jika Anda memasak dagingnya segera.

Sebelum meletakkan daging di microwave, pastikan bungkus plastik dan kemasan dilepaskan dari daging. Gunakan wadah bersih atau piring untuk menampung air bekuannya. Ini akan membantu mencegah kontaminasi microwave.

Taruh daging ke dalam wadah dan tutup dengan penutup. Tinggalkan celah kecil agar uap bisa keluar.

Warriner menambahkan, ada kesalahpahaman publik kalau gelombang mikro dapat menghangatkan bahan makanan dari dalam ke luar.

“Ini tidak benar,” kata Warriner. “Anda akan melihat bagian luar bahan makanan menjadi kering karena memanas.

Trik melumerkan daging beku ini dapat membuat daging aman dikonsumsi. Sumber : liputan6.com

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements
%d bloggers like this: