Harga Daging Sapi Stabil, Ayam Potong Masih Tinggi

Walau pemerintah sudah melakukan operasi pasar terkait harga telur, sayangnya harga-harga daging masih belum terbantu, terutama ayam potong.

Salah satu pedagang ayam potong Sutini (46) mengaku harus menombok agar harga ayam potong tidak terlalu tinggi saat sampai ke tangan pelanggan. Hal ini membuatnya kesulitan mendapatkan laba selain untuk makan saja.

“Ini satu ayam utuh kecil Rp 28 ribu, padahal ukuran paling kecil. Biasanya Rp 21 – 22 ribu. Ini juga kita gak jual sampai Rp 28 ribu ke pelanggan. Mereka mana mau. Paling Rp 25 ribu. Kan rugi,” jelasnya.

Sutini mengaku hanya mengikuti proses pasar. Sebab, ia hanya sebagai pihak yang ketiga setelah peternak, lalu sampai ke tangan ‘bos’ yang menaruh ayam di kandang, barulah kemudian sampai ke tangannya untuk para pembeli.

“Maunya turun, gak bisa terus-terusan begini,” ucap Sutini yang menjelaskan bahwa para pembeli masih enggan membeli di atas Rp 30 ribu.

Sementara itu, menurut Slamet (72), harga bagian seperti dada dan paha masih tidak berbeda dari minggu sebelumnya, yakni masih Rp 55 ribu per kg dan Rp 40 ribu per kg.

“Harga cenderung sama,” ucapnya.  sumber : https://www.liputan6.com

Advertisements
%d bloggers like this: