Hindari Kesalahan Ini saat Memasak Daging Sapi, Bahaya Buat Kesehatan

Siapa yang suka makan steak dengan tingkat kematangan rare atau setengah matang? Steak dengan tingkat kematangan rare adalah steak yang dimasak hanya dalam waktu singkat, sehingga yang matang hanya bagian luarnya saja. Bagian dalam daging benar-benar masih mentah, berwarna merah dan bahkan mengandung darah.

Menurut sebagian orang, mengunyah daging dengan tekstur masih lembek karena setengah matang dan bagian dalamnya mentah, memberikan sensasi kelezatan tersendiri. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi daging sapi yang belum matang sempurna berisiko bagi kesehatan.

“Jadi memang pada daging sapi yang masih mentah, masih terdapat bakteri, telur cacing. Biasanya cacing pita yang bisa berbahaya bagi pencernaan,” ucap dr. Diana F. Suganda M.Kes, SpGK dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 24 Agustus 2018.

Cukup disayangkan jika Anda mengonsumsi daging sapi yang seharusnya menyehatkan, namun malah jadi berisiko karena cara masaknya yang kurang baik. Padahal daging sapi adalah sumber protein yang sangat baik. Diana mengatakan, dalam 100 gram daging sapi mengandung sekitar 25 gram protein hewani.

Kesalahan lain dalam memasak daging sapi menurut Diana adalah mencucinya saat masih mentah sebelum dimasak. Padahal itu justru bisa meningkatkan terjadinya kontaminasi silang.

“Karena pada saat kita mencuci, daging sapinya masih ada bakteri. Kita cuci dengan air, bakteri menyebar dari air yang terciprat ke pisau, talenan dan alat masak kita. Jadi sebaiknya tidak dilakukan,” kata dia.

Diana kemudian memberikan tips mengonsumsi daging sapi yang aman dan sehat. Salah satunya diproses hingga benar-benar matang. Jangan lupa campur daging sapi dengan makanan lain, seperti sayur-sayuran agar asupan makanan Anda seimbang.

“Anda juga bisa memasak daging sapi dengan pepaya, karena mengandung papain yang bisa memutus rantai protein. Jadi daging sapinya bisa lebih empuk,” tutupnya.

Dalam acara tersebut, seorang chef yakni Muto juga menambahkan tips menyimpan daging sapi yang benar, yaitu dengan meletakkannya di dalam lemari es dengan suhu 5 derajat Celsius ke bawah.

“Saya gunakan plastic wrap untuk membungkus daging. Lalu dikasih tanggal sesuai kapan menyimpannya di freezer. Kalau tidak punya plastic wrap atau aluminium foil, bisa juga pakai daun pisang. Daging bisa disimpan di lemari es hampir 4 bulan,” ujarnya. sumber : https://www.viva.co.id

Semoga bermanfaat 🙂

 

Advertisements
%d bloggers like this: